Ternyata Telur Puyuh Dapat Sebabkan Kolesterol

Ternyata Telur Puyuh Dapat Sebabkan KolesterolTelur puyuh merupakan salah satu sumber protein yang bagus untuk tubuh kita. Selain rasanya enak, telur ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan. Namun, dibalik telur puyuh yang memiliki reputasi baik ternyata telur ini bisa menyebabkan kolesterol naik. Apakah ini benar?

Kandungan lemak jenuh pada telur puyuh

Telur puyuh ialah telur yang dihasilkan dari burung puyuh. Kamu mungkin sering sekali menemukannya di berbagai macam hidangan, seperti di sup, atau dijadikan sate telur puyuh. Bentuk yang lebih kecil dari telur biasa membuat kamu bisa mengkonsumsinya dalam jumlah banyak dalam sekali makan. Akan tetapi, jika mengkonsumsi telur ini terlalu banyak juga tak bagus untuk kesehatan tubuh.

Satu porsi telur puyuh (5 butir) mengandung 6 gram protein dan 5 gram lemak. Jumlah protein dan lemak yang relatif kecil membuat jumlah kalori yang terkandung di dalamnya juga relatif kecil, hanya sekitar 71 kalori dalam satu porsi.

Namun, kandungan lemak jenuh pada telur ini tergolong tinggi. Dalam 5 butir telur mengandung 1,6 gram lemak jenuh. Jumlah ini bahkan lebih tinggi dari telur ayam yang mengandung 1,5 gram lemak jenuh dalam satu butir.

Perbandingan lebih banyak kuning telur dari pada putih telur di dalam telur puyuh dapat mempengaruhi jumlah lemak jenuh dalam telur puyuh. Lemak jenuh ini kemudian bisa menaikkan kadar kolesterol jahat di tubuh kamu.

Benarkah lemak jenuh dalam telur puyuh memicu kolesterol dan darah tinggi?

Beberapa orang mungkin takut tekanan darah mereka akan naik bila terlalu banyak memakan telur ini karena kandungan lemak jenuh yang cukup tingi. Perlu diketahui, peningkatan kolesterol darah bisa menyebabkan tekanan darah meningkat juga. Namun, ini mungkin memerlukan proses yang tak sebentar.

Meskipun telur puyuh mengandung lemak jenuh yang relatif tinggi dan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, ini mungkin belum tentu dapat meningkatkan kadar kolesterol darah dan tekanan darah kamu

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi mungkin tidak menyebabkan kamu memiliki kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Tubuh itu sendiri sebenarnya membutuhkan kolesterol untuk membuat hormon tertentu, menghasilkan vitamin D, dan membangun sel. Organ hati yang memproduksi kolesterol dalam tubuh tak mengubah seluruh kolesterol dari makanan menjadi kolesterol darah. Tubuh akan mengatur penggunaan kolesterol untuk fungsi tubuh dan diubah menjadi kolesterol darah

Jadi, dapatkah penderita kolesterol tinggi makan telur puyuh

Ada beberapa orang yang memiliki kolesterol yang meningkat meski hanya mengkonsumsi makanan tinggi kolesterol dalam jumlah kecil. Dan, beberapa orang lain tak menunjukkan kadar kolesterol yang berarti meski mereka banyak mengkonsumsi makanan tinggi kolesterol.

Jadi, bila kamu salah satu dari orang-orang yang bisa dengan mudah memiliki kolesterol tinggi setelah makan makanan berkolesterol. Kamu masih bisa makan telur puyuh tapi perlu diingat mungkin jangan terlalu banyak.

Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.