Ternyata Ini Penyebab ASI Encer, Normalkah?

Ternyata Ini Penyebab ASI Encer, Normalkah? – Tekstur ASI encer terkadang menjadi salah satu masalah yang dikhawatirkan ibu yang masih menyusui. Dan tiap ASI yang keluar mengandung segala nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk kekebalan tubuh dan perkembangan nantinya. Apa yang menyebabkan susu ibu ini menjadi cair? Apakah itu normal atau tidak?

ASI encer biasanya diproduksi di awal waktu menyusui

Awalnya, produksi susu dimulai sekitar minggu ke 16 kehamilan, namun hanya dalam jumlah yang sangat kecil. Setelah melahirkan, ada tiga tahap utama dalam proses produksi ASI, ialah pertama kali ASI kolostrum, kemudian ASI transisi dan ASI matang terakhir. Selanjutnya, komposisi ASI yang keluar disesuaikan dengan kebutuhan bayi kamu dari waktu ke waktu

ASI biasanya terkandung dalam tahap kolostrum. Kolostrum ASI benar-benar berfungsi sebagai vaksin alami dan 100% aman untuk bayi. Ini juga mengandung sejumlah besar antibodi secretory immunoglobulin A (IgA), yang bagus untuk bayi yang baru lahir. Susu kolostrum ini berwarna kekuningan, mengandung kadar laktosa yang tinggi, dan rendah lemak sehingga akan mudah untuk dicerna.

Apa yang menyebabkan susu encer?

Sebenarnya, penyebab ASI encer adalah kandungan lemak yang rendah. Karena pada dasarnya ada 2 macam tekstur ASI. Pertama, ASI encer, dan yang kedua adalah ASI yang bertekstur kental. Keduanya alami, dan bisa terjadi tiap saat untuk semua ibu menyusui.

Tahukah kamu bahwa air susu yang kental lebih banyak dipengaruhi oleh jumlah lemak? Ya, Encer atau bukan air susu ini, biasanya dipengaruhi oleh kandungan nutrisi atau lemak dalam ASI. Pada awal ibu menyusui, ASI di payudara masih banyak. Kemudian, ASI pada periode ini biasanya mengandung lemak rendah, bertekstur lebih encer tapi banyak nutrisi. Padahal semakin sedikit susu, semakin tinggi lemaknya dan mengandung lebih banyak kalori, namun teksturnya lebih kental.

Apakah jumlah produksi ASI mempengaruhi encer atau kental?

Tidak, produksi dan tekstur ASI tak ada hubungannya sama sekali. Semakin sering kamu menyusui semakin lancar produksi air susu kamu. Bayi menyusu pada payudara kamu merupakan rangsangan bagi tubuh kamu untuk terus memproduksi susu.

Encer atau kental ASI biasanya dapat terjadi kapan saja. Dan seiring bertambahnya umur bayi, asupan yang dia butuhkan berbeda. Perhatikan juga makanan yang dimakan oleh ibu. Pasalnya, apa yang kamu makan juga bisa mempengaruhi selera dan komposisi ASI, lebih-lebih jenis lemak yang terkandung dalam ASI. Jadi, sangat penting bagi kamu untuk terus mengaplikasikan diet nutrisi seimbang agar menghasilkan susu yang sehat dan juga menjaga tubuh tetap sehat.

Jika asupan makanan kamu tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tertentu, kamu mungkin memerlukan asupan vitamin dan mineral tambahan dari suplemen tentunya dengan resep dokter.

Kata Kunci:

  • asikeluarnyacairpenyebabnyaapaya
Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.