Rutin Makan Yogurt Dapat Turunkan Kolesterol

Selain baik untuk saluran pencernaan, yogurt yang merupakan fermentasi dari susu ini ternyata menyimpan berjuta manfaat. Salah satunya untuk menurunkan kolesterol.

Seperti dikutip dari healthline.com, sebuah studi di tahun 2013 mengaitkan konsumsi yogurt dengan tekanan darah dan kolesterol. Dalam penelitian tersebut, seseorang yang mengonsumsi yogurt memiliki profil metabolik yang lebih baik.

Namun, tidak semua jenis yogurt memiliki efek yang sama pada kadar kolesterol. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Dairy Science pada bulan Juli tahun 2011, menemukan bahwa mengonsumsi 10,6 ons yogurt yang mengandung lactobacillus acidophilus La5 dan bifidobacterium lactis Bb12 setiap hari bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

Orang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi yogurt cenderung memiliki tingkat trigliserida dan glukosa atau kadar gula dalam darah yang lebih rendah. Tak hanya itu, yogurt juga mampu menaikkan tingkat HDL (high-density lipoproteins) atau kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Sementara menurut penelitian yang dilakukan University of McGill di Montreal pada 127 orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, menunjukkan konsumsi dua dosis probiotik sehari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan probiotik pada yogurt dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Tak perlu diragukan lagi yogurt mampu menurunkan kolesterol. Untuk hasil yang maksimal Anda bisa mencampurkannya dengan buah-buahan yang memiliki serat tinggi.

Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.