Penuhi Kebutuhan Nutrisi Ini Jelang Lari Maraton

DataDokter.com, kamu mungkin salah satu penggemar lari paling antusias yang menyambut tiap acara maraton yang digelar. kamu juga seharusnya telah siap dengan latihan fisik dan stabilisasi mental sebelum berkompetisi. Namun, bagaimana dengan asupan nutrisi kamu?

Kamu tak seharusnya lupa bahwa asupan makanan bergizi juga seharusnya dipertimbangkan sebelum dan setelah lari maraton. Menurut sebuah artikel yang dikutip dari Makanan Bagus BBC asupan karbohidrat bagus untuk dikonsumsi sebelum berlari, dan protein yang bagus untuk dikonsumsi setelah lari jarak jauh.

Merasa lelah di tengah waktu berjalan adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan pelari jarak jauh. Hal ini dapat terjadi bila karbohidrat dalam tubuh memiliki jumlah yang rendah, dan otak dan otot menunjukkan tanda-tanda kelelahan. Karbohidrat adalah sumber energi yang disukai tubuh, yang tersimpan di otot dan hati, saat mengerjakan aktivitas dengan intensitas tinggi.

Beberapa jam sebelum lari jarak jauh, kamu dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dengan indeks glisemik rendah, serta makanan dengan protein sedang dan rendah lemak. Beberapa contoh bagusnya adalah bubur dengan roti buah, ayam dan buah, atau roti dengan selai kacang.

Baca juga: Makanan yang Baik untuk Sebelum dan Setelah Lari

Setelah lari maraton, kamu dapat mengkonsumsi beberapa ragam makanan atau minuman yang mengandung protein. Protein berperan dalam pembentukan otot, dan menolong proses perbaikan jaringan yang rusak. Protein juga dapat merangsang terbentuknya jaringan baru.

Makanan kaya protein adalah susu, keju, yogurt, ayam, dan telur. Selain itu, kamu juga disarankan untuk mengkonsumsi cukup cairan untuk menggantikan air dan elektrolit yang melewati keringat.

Dengan mengetahui makanan enak untuk dimakan sebelum dan setelah lari maraton, kamu dapat memilih makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kamu selama balapan. Salam olahraga.

Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.