Pemulihan yang Benar Setelah Lari Marathon

Pemulihan yang Benar Setelah Lari Marathon – Rasanya luar biasa dan mengagumkan sesudah Anda melewati garis finish marathon. Perlu diingat jangan langsung lepas tangan selepas berlari, karena tidak baik bagi kesehatan tubuh. Ingat ini merupakan lari marathon sejauh kurang lebih 42,125 km yang telah Anda latih berminggu-minggu lamanya.

Lalu, bagaimana untuk memulihkan diri setelah lari marathon yang melelahkan ini? Secara teknis, pulih dari marathon memerlukan lebih banyak perhatian dari lomba lari biasa.

Tips memulihkan diri setelah marathon

1. “Puasa” lari selama beberapa hari

Jika Anda berpikir untuk lanjut kembali lari seperti biasanya, ini mungkin bukan ide yang bagus. Setelah menyelesaikan marathon, atau bahkan jarak lari sekalipun,sudah seharusnya Anda mengistirahatkan diri dari lari untuk beberapa hari ke depan. Memaksakan lari dalam 24 jam berikutnya tidak akan berbuah baik. Jadi untuk sementara waktu, beristirahatlah, berolahragalah dengan intensitas ringan, dan jika Anda benar telah menyelesaikan marathon, maka sesi lari berikutnya harus ditunda untuk sekitar satu minggu.

Jangka waktunya mungkin bisa berbeda untuk masing-masing jenis lomba lari. Jika Anda lari sejauh 10 km, maka sesi lari berat Anda berikutnya harus menunggu selama 3 sampai 5 hari. Kuncinya adalah menjaga rutinitas latihan fisik Anda sesederhana dan semudah mungkin. Jangan terburu-buru kembali ke rutinitas lari Anda terlalu cepat atau Anda akan merisikokan cedera.

2. Perbaiki asupan nutrisi tubuh

Tentu saja menjaga hidrasi diri sangat penting sebelum, selama, dan setelah lomba lari. Hal yang sama berlaku untuk makan. Menyelesaikan lomba berarti Anda baru saja kehilangan nutrisi dalam jumlah besar, dan sekarang adalah waktunya untuk mengembalikan energi. Dalam satu jam pertama setelah marathon, konsumsi sekitar 2 gram karbohidrat untuk setiap kg berat badan Anda dan juga satu gram protein untuk setiap empat gram karbohidrat. Jumlah asupan karbohidrat haruslah seitar 6 sampai 10 gram untuk setiap kg berat badan Anda dalam 24 jam berikutnya. Dalam satu minggu berikutnya, cobalah untuk mengatur pola makan dengan baik.

3. Perbanyak istirahat

Mengurangi porsi lari adalah bentuk cara pemulihan diri setelah marathon. Meski begitu, ini juga berarti Anda harus membuat diri se-rileks mungkin. Biarkan tubuh dan jiwa Anda bersantai lewat yoga atau meditasi. Dan tentu saja, tidak perlu dijelaskan lagi, Anda tidak boleh terlalu cepat merencanakan lomba lari berikutnya, atau Anda akan mengalami kesulitan.

Dengarkan apa kata tubuh Anda dan penuhi kebutuhannya, maka Anda akan pulih seperti sebelumnya.

قالب وردپرس

Kata Kunci:

  • tidak boleh olahraga berat setelah lari marathon
Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.