Metode Pijat Oksitosin Untuk Mempelancar ASI

Metode Pijat Oksitosin Untuk Mempelancar ASI – Pemberian ASI eksklusif bisa membawa banyak manfaat bagi bayi serta ibu, tak hanya sekarang tapi juga untuk masa depan. Ini karena banyak nutrisi penting yang dibutuhkan bayi yang hanya ada di air susu ibu, maka dari itu menyusui sangat penting. Kalau kamu merasa sedikit air susu keluar, ini bukan halangan bagi kamu untuk terus memberikan ASI kepada si kecil. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memudahkan ASI keluar. Salah satunya dengan melakukan pijat oksitosin. Apa itu simak penjelasnnya?

Apa itu pijatan oksitosin?

Pijatan punggung atau yang juga dikenal dengan oxytocin massage iaalah pijat yang dilakukan di daerah sepanjang tulang belakang dalam upaya mempercepat pengeluaran ASI. Pijat ini mampu memicu pelepasan oksitosin, dimana oksitosin merupakan hormon yang dibutuhkan untuk mengeluarkan air susu. Dengan demikian, pijatan ini juga dikenal dengan istilah oxytocin massage.

Apa manfaat pijat oksitosin?

Dengan melakukan pijatan setelah melahirkan pastinya membawa banyak efek bagus ke tubuh kamu terutama untuk kesehatanmu. Pijat bisa memberi kamu mengurangi stres, relaksasi, dan bantu tidur lebih nyenyak. Bagi ibu yang melahirkan dengan operasi caesar, pijat juga dapat menolong proses penyembuhan berjalan lebih cepat.

Pijat pada tulang belakang sendiri juga dapat menolong kamu dalam menyusui si kecil. Ada dua manfaat penting yang bisa diberikan saat melakukan pijat, yaitu:

Meningkatkan pengeluaran oksitosin dan prolaktin

Pijat terbalik ini bisa menolong memperlancar produksi susu dengan meningkatkan pengeluaran hormon. Yang mendukung produksi ASI, yaitu hormon prolaktin dan oksitosin. Oksitosin bisa merangsang payudara berkontraksi, sehingga air susu akan dilepaskan dengan lancar. Selain itu, pijat juga bisa mengurangi pelepasan hormon kortisol (hormon yang disekresikan dikala stres), sehingga pelepasan hormon prolaktin dan oksitosin tak terganggu.

Beberapa penelitian juga membuktikan manfaat pijat punggung terhadap kelancaran produksi susu. Sebuah studi yang dipublikasikan di International Journal of Medical Research and Review pada tahun 2013 membuktikan bahwa pijat punggung yang efektif dalam meningkatkan produksi ASI disarankan untuk semua ibu menyusui, secara khusus pada ibu dengan masalah menyusui.

let-down reflex  tak hanya meningkatkan produksi hormon prolaktin dan oksitosin, pijat punggung juga ternyata meningkat let-down refleks. Hal ini tentu menolong pengeluaran ASI kepada bayi. Hal ini diperkuat oleh beberapa penelitian yang telah membuktikannya.

Studi eksperimental yang dilakukan pada 20 ibu menyusui yang terbagi menjadi dua kelompok berbeda membuktikan bahwa pijat punggung bisa memperbaiki  let-down reflex . Hal ini membuat bayi lebih kenyang setelah menyusui dan juga bisa menolong meningkatkan berat bayi.

Pijat punggung juga bisa mempengaruhi sistem saraf perifer, meningkatkan stimulasi dan komunikasi saraf, mengurangi rasa sakit, dan memperbaiki aliran darah ke jaringan dan organ tubuh

Bagaimana cara mengerjakan oxytocin massage?

Pijatan oksitosin sangat mudah dilakukan, kamu dapat menggunakan minyak zaitun atau minyak lainnya untuk memudahkan pijat. Tentu saja, kamu memerlukan bantuan orang lain untuk mengerjakan pijat ini, misalnya suami kamu. Berikut adalah caranya:

  • Ibu berada dalam posisi duduk mencondongkan tubuh ke depan sambil memegang bantal agar lebih nyaman. Tempatkan meja di depan kamu sebagai tempat bersandar.
  • Pijat kedua sisi tulang belakang dengan menggunakan kain seta ibu jari kamu mengarah ke depan. Lalu pijat dengan gerakan melingkar.
  • Pijat sisi tulang belakang ke bawah ke dada, dari leher hingga ke tulang belikat.
  • Lakukan pemijatan Ini untuk 2-3 menit.

Kata Kunci:

  • pijat kelepasan
Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.