Mencegah Osteoporosis Dengan Buah Kurma

Buah Kurma yang berwarna kecokelatan ini sering dijadikan santapan untuk berbuka puasa. Di balik semua itu, ternyata buah kurma juga dapat mencegah osteoporosis.

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti kenal buah kurma yang banis ini. adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Timur Tengah.

ohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

Buah ini mengandung beberapa zat seperti, glukosa, fruktosa dan sukrosa yang tinggi, sehingga dapat membantu menaikkan kadar gula darah.

Tak hanya itu, dalam 100 gram buah kurma tersimpan 57 mg kalsium, 55 mg fosfor, dan 38 mg magnesium. Semua zat ini berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Apa itu osteoporosis? Osteoporosis merupakan penyakit yang ditandai dengan berkurangnya massa tulang dan adanya perubahan mikroarsitektur jaringan tulang. Di masyarakat, penyakit ini lebih dikenal dengan istilah tulang keropos.

Baca juga: Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kecerdasaan Otak Anak

Buah Kurma dan Osteoporosis

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Department of Nutrition, Food and Exercise Sciences, Florida, kurma adalah buah satu-satunya buah yang bermanfaat memperkuat tulang secara lansung. Ini karena kurma terbukti dapat meningkatkan densitas mineral tulang dibandingkan dengan buah apel yang dikeringkan.

Sehubungan dengan itu, penelitian pun menyebutkan bahwa wanita menopause yang rutin makan kurma akan mengalami perlambatan laju resorpsi dan perputaran tulang, sehingga risiko untuk terkena osteoporosis menjadi lebih kecil.

Sungguh mengejutkan, bukan? Jika ingin terhindar dari osteoporosis, pastikan Anda mengonsumsi buah kurma sebanyak 3–6 butir dalam sehari. Di samping itu, jangan lupa juga untuk menerapkan gaya hidup sehat dan berolahraga secara rutin, ya!

Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.