Manfaat Minyak Alpukat bagi Kesehatan dan Kulit

Manfaat Minyak Alpukat bagi Kesehatan dan Kulit – Pernah dengar minyak alpukat? Meskipun tidak seterkenal minyak kelapa dan minyak zaitun, nyatanya minyak alpukat memiliki manfaat yang tidak kalah menyehatkan, loh. Pasalnya, kandungan antioksidan dan lemak sehat dalam buah alpukat baik untuk melembabkan kulit. Penasaran apa saja manfaat minyak alpukat untuk kulit? Baca terus untuk mengetahuinya.

Manfaat minyak alpukat untuk kulit

Berikut ini beberapa manfaat minyak alpukat untuk kulit yang harus Anda ketahui:

1. Melembabkan kulit

Manfaat minyak alpukat yang paling utama adalah untuk melembabkan dan menenangkan kulit. Hal ini dikarenakan minyak alpukat  mengandung  vitamin E yang tinggi.  Jadi, apabila Anda mengalami masalah dengan kulit kering, bersisik ataupun pecah-pecah, minyak alpukat merupakan solusi yang tepat. Meskipun bermanfaat untuk melembabkan kulit, minyak alpukat ini tidak akan membuat kulit Anda berminyak atu meninggalkan bekas minyak di kulit Anda.

Tidak hanya itu, selain untuk melembabkan kulit, minyak alpukat juga berkhasiat untuk mengurangi gatal dan peradangan kulit.

2. Membantu menyembuhkan luka

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, diketahui jika minyak alpukat dapat membantu menyembuhkan luka. Para peneliti menemukan bahwa minyak alpukat kaya akan kandungan asam oleat dan asam lemak esensial.

Jika digunakan sebagai racikan obat topikal, minyak alpukat dapat meningkatkan sintesis kolagen dan mengurangi jumlah sel yang menyebabkan peradangan selama proses penyembuhan luka. Itu sebabnya, minyak alpukat dianggap sebagai salah satu alternatif untuk mengobati luka kulit.

3. Melindungi kulit dari sinar UV

Selain memberikan kelembaban pada kulit, antioksidan yang terkandung dalam minyak alpukat juga dapat membantu menenangkan kulit yang terbakar matahari. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacognosy Research, beta karoten, protein, lesitin, asam lemak, dan vitamin A, D, dan E yang ditemukan dalam minyak alpukat membantu melembabkan dan melindungi kulit Anda dari radikal bebas yang menjadi penyebab utama kerusakan kulit.

4. Meningkatkan produksi kolagen

Manfaat minyak alpukat yang lainnya adalah minyak alpukat mampu meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi garis halus akibat penuaan. Hal ini dikarenakan minyak alpukat mengandung sterolin, yaitu steroid alami yang tidak memiliki efek negatif untuk kulit.

Selain mengandung sterolin yang bisa melembutkan kulit dan mengurangi munculnya bintik-bintik penuaan, minyak alpukat juga kaya akan kandungan lesitin, yaitu lipid yang membantu menyalurkan nutrisi langsung ke aliran darah dan lapisan yang lebih dalam dari kulit.

Cara menggunakan minyak alpukat sebagai perawatan kulit

Anda bisa menggunakan minyak alpukat dalam rutinitas perawatan kulit Anda dengan berbagai cara, seperti:

  • Digunakan sebagai minyak pijat yang bisa langsung diterapkan ke kulit setelah mandi sambil memijat dengan lembut.
  • Digunakan sebagai masker wajah
  • Digunakan sebagai kondisioner alami

Anda bisa menggunakan minyak alpukat setiap hari atau beberapa kali apabila tidak muncul efek samping. Namun perlu diingat, minyak alpukat maupun minyak kelapa sangat tidak disarankan digunakan untuk orang yang memiliki jenis kulit berminyak. Pasalnya minyak ini bersifat “komedogenik” atau bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo.

Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.