Manfaat dan Khasiat Saat Makan Ikan Bagi Kesehatan

DataDokter.com – Salah satu makanan yang memiliki cita rasa lezat dan dgemari oleh banyak orang adalah ikan. Seperti jenis-jenis makanan laut lainnya, ikan termasuk dalam makanan kaya protein dan asam lemak omega 3, namun rendah lemak jenuh. Selain itu, kita juga dapat menemukan kandungan seperti vitamin dan mineral yang tentunya sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita.

Tak hanya kaya kandungan nutrisi sehat, ikan juga dapat diolah menjadi berbagai makanan lezat. Hanya saja, ahli kesehatan merekomendasikan ikan kukus, direbus, atau dipanggang yang lebih sehat untuk dikonsumsi. Apabila kita mengonsumsinya secara teratur, maka kita akan dapat memenuhi asupan nutrisi harian sesuai dengan Gerakan Gizi Nasional yang diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan. Berikut adalah berbagai manfaat sehat yang akan kita dapatkan dengan memakan ikan.

Organ kardiovaskular yang sehat
Asam lemak omega-3 hadir pada ikan sangat bagus untuk organ kardiovaskular seperti jantung, arteri, dan vena. Dengan konsumsi ikan secara teratur, kita juga akan mengurangi risiko penyakit jantung dan gagal jantung.

Nutrisi pada ikan dapat menurunkan kadar trigliserida darah, meningkatkan kolesterol bagus, menurunkan tekanan darah, dan mencegah pembekuan darah. Pakar kesehatan dari Harvard School of Public Health sendiri merekomendasikan konsumsi 2 porsi ikan seminggu apabila kamu ingin mengurangi risiko penyakit jantung tiga kali lebih rendah.

Menurunkan berat badan
Penelitian yang dilakukan di University of Georgia menghasilkan fakta bahwa konsumsi minyak ikan yang kaya kandungan DHA dapat menurunkan tingkat lemak dalam tubuh secara keseluruhan. apabila kita mengkonsumsinya secara teratur dan dikombinasikan dengan olahraga teratur, maka berat badan akan menurun lebih cepat

Menurunkan risiko kanker
Asam lemak omega-3 dapat mencegah kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker prostat. Selain itu, konsumsi suplemen minyak ikan juga mampu menolong penderita hiperlipidemia.

Membuat fungsi otak meningkat
Manfaat lain dari asam lemak omega 3 adalah untuk mendukung fungsi dan perkembangan otak, khususnya untuk bayi dan anak-anak. Faktanya, sebuah studi baru-baru ini menunjukkan fakta menarik perihal kemampuan suplemen minyak ikan untuk secara signifikan meningkatkan daya ingat orang dewasa

Melawan peradangan tubuh
Nutrisi pada ikan atau minyak ikan ternyata memiliki sifat anti-inflamasi. Dengan mengonsumsinya secara teratur, hal ini tentu akan mengurangi masalah radang sendi, radang prostat, dan pembengkakan kandung kemih.

Menolong kesehatan mata
Mengkonsumsi ikan secara teratur dapat menurunkan risiko degenerasi makula, glaukoma, dan sindrom mata kering. Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, ditemukan bahwa makan dua porsi ikan seminggu akan menurunkan risiko degenerasi makula lebih bagus dari pada mereka yang tak meminumnya sama sekali.

Mempertahankan kesehatan dan kecantikan kulit
Penelitian yang hasilnya dipublikasikan di Journal of Lipid Research baru-baru ini menunjukkan fakta bahwa kandungan asam lemak omega-3 dari EPA mampu mencegah munculnya keriput. Dan proses penuaan dini. Minyak ikan juga mampu menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Mengatasi depresi
Kandungan asam lemak omega 3 dapat mengurangi depresi dan kecemasan. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi ikan cenderung tak mudah mengalami depresi bila dibandingkan dengan mereka yang tak mengkonsumsi ikan segar.

Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.