Manfaat Air Kelapa untuk Berbuka Puasa

Air kelapa merupakan salah satu minuman favorit saat berbuka puasa pada bulan Ramadhan. Kesegaran dan rasanya yang khas membuat orang mudah menyukainya. Apalagi jika diseruput dari batoknya langsung, jangan sampai salah menyeruput kelapa muda karena kelapa muda kecut sekali.

Ketika berbuka puasa pasti Anda akan merasakan yang namanya haus dan pasti Anda ingin mencari minuman yang pas untuk menghilangkan rasa haus tersebut, memilih minuman yang dapat mengembalikan tenaga dengan cepat sangat dianjurkan. Salah satunya air kelapa ini, cobalah mengkonsumsinya saat berbuka rasakan perbedaannya.

Saat berpuasa, tubuh akan kehilangan banyak sekali elektrolit. Elektrolit ini membawa muatan-muatan listrik yang penting bagi fungsi otak, otot, dan sebagainya. Bisa dibayangkan, kan, apa jadinya jika tubuh kekurangan elektrolit?

Kadar elektrolit dalam tubuh bisa berkurang lewat keringat dan urine. Pada hari-hari biasa, Anda dapat langsung menggantinya dengan minum air putih atau cairan lainnya. Namun, berbeda halnya dengan saat berpuasa.

Baca juga: Metode Tebaik Atasi Dehidrasi Saat Puasa

Ketika berpuasa, tubuh Anda akan kekurangan elektrolit tanpa mendapatkan penggantinya. Anda pun bisa rentan mengalami dehidrasi.

Oleh karena itu, saat berbuka puasa, mengonsumsi minuman yang mengandung banyak elektrolit sangat direkomendasikan. Karena membantu memulihkan dehidrasi serta meningkatkan energi.

Air ini merupakan minuman yang menyimpan banyak elektrolit aktif didalamnya. Inilah mengapa setelah mengonsumsinya, tubuh Anda dapat berasa segar dan ‘melek’ kembali, setelah melakukan aktivitas yang berat. Karena efek ini juga, tak heran jika ini menjadi minuman berbuka puasa favorit.

Di samping itu, air kelapa juga kaya akan potasium, bahkan lebih tinggi dari yang dimiliki oleh buah pisang. Potasium berguna untuk pergerakan otot yang ada di dalam tubuh manusia, termasuk juga otot jantung.

Mengonsumsi ini saat berbuka puasa memang baik. Namun, perhatikan kandungan gula pada air kelapa yang Anda beli di luar. Saran kami, jika Anda menginginkan air kelapa untuk berbuka puasa sebaiknya Anda membeli kelapa utuh sehingga dapat disajikan sendiri tanpa adanya gula tambahan.

Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.