Makanan yang Baik untuk Sebelum dan Setelah Lari

Sebenarnya, mana yang lebih baik: lari sebelum makan atau lari setelah makan?Apa makanan yang harus dimakan sebelum dan setelah lari? Apa efeknya akan berbeda pada tubuh? Berikut penjelasannya.

Efek pada tubuh jika makan sebelum lari

Anda merasa senang setelah menghabiskan satu porsi besar nasi padang dan ayam bakar. Lalu Anda berpikir untuk membakar kalori tersebut lewat lari. Ini mungkin bukan ide bagus. Seharusnya Anda tidak boleh merasa lapar ataupun kenyang sebelum lari. Selain itu, lari setelah makan bisa menyebabkan nyeri perut atau kram. Ingatlah, Anda tidak ingin membuat perut sakit, jadi makanan yang ringan sebenarnya cukup.

Makanan yang tinggi lemak bukanlah yang Anda inginkan. Camilan berkabohidrat tinggi dianjurkan karena bisa memberikan energi yang berguna untuk lari. Selain itu, menu makan pra-lari cukup menarik. Anda bisa mencoba puding, buah jeruk karena memberi asupan vitamin C, sereal, oatmeal, wortel, atau bahkan segelas kopi susu karena susu adalah protein dan kopi untuk konsentrasi. Ini hanyalah beberapa anjuran karena masih ada banyak lainnya dan diet masing-masing orang akan berbeda.

Anda cukup mengingat satu hal: makan yang sederhana dan ringan. Terkait lari dengan perut kosong, Anda tidak akan merasakan nyeri jika Anda lari selama sekitar 30 menit. Jika Anda akan lari selama lebih dari satu jam, maka makanan ringan adalah yang terbaik.

Efek pada tubuh jika lari setelah makan

Rasa lapar akan menemani Anda sekarang. Membuang energi saat lari berarti tubuh Anda perlu mengisi kembali energinya, tapi ini bukan berarti Anda bisa makan seenaknya. Makan apapun yang menarik perhatian Anda dan yang terasa sedap hanya akan berkebalikan dari tujuan lari Anda.

Yang paling baik adalah makan dalam satu jam pasca tahap pendinginan, dan ingatlah bahwa ini merupakan sarapan Anda — makanan terpenting dalam sehari. Jadi, Anda mungkin perlu makan sesuatu yang idealnya mengandung kalori, karbohidrat, dan protein. Menunya bisa saja apapun yang menggiurkan yang mencakup telur, pancake, sandwich, atau apapun yang bisa terpikirkan dan sehat, dan yang tidak membuat Anda terlalu kenyang.

Akan ada saat-saat dimana Anda akan berpikir bahwa McDonald’s akan mengenyangkan Anda setelah lari, tetapi pilihan makanan ini hanya akan membuat Anda lari lebih lama untuk membakar lemak yang dihasilkannya — meskipun makanan cepat saji ini tetaplah sedap. Jadi, jangan terlalu membatasi diri Anda sesekali. Jangan terlalu keras pada diri sendiri, tetapi ingatlah untuk menaati program lari dan diet yang telah Anda rancang. Kuncinya adalah untuk menyeimbangkan diet terbaik sesuai kebutuhan Anda, baik sebelum dan setelah lari.

قالب وردپرس

Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.