Kiat Jitu Mengatasi Mual Saat Mudik Lebaran

Mengatasi Mual saat perjalanan mudik lebaran ke kampung halaman sebenarnya mudah, namun Anda harus tetap berpuasa bukan bila sedang mudik? Ini lah yang menyebabkan Anda menjadi dilema ketika mudik, mau puasa atau tidak? Karena kebiasaan masyarakat Indonesia ini pada saat berpergian minum obat pencegah mual seperti Am*no dan lain sebagainya, ada juga untuk mudek pada saat malam hari.

Mual pada saat diperjalanan bukanlah peristiwa yang Anda harapkan bukan?

Setiap orang sebenarnya bisa terkena mabuk perjalanan. Namun, yang paling rentan mengalaminya adalah wanita yang sedang menstruasi atau hamil, anak kecil, orang yang sedang sakit atau kurang fit, dan mereka yang memiliki penyakit migrain.

Baca juga: Buka Puasa Minum Dingin atau Hangat

Mual dan muntah adalah gejala utama dari mabuk perjalanan. Gejala lainnya bisa berupa keringat dingin, sakit kepala, dan kulit pucat.

Kiat untuk Mengatasi Mual Saat Mudik

Untuk mencegah mabuk perjalanan, ada beberapa hal yang harus dilakukan sehari sebelum berangkat mudik. Berikut ini beberapa kiat untuk terhindar dari rasa mual sepanjang perjalanan mudik Anda:

  1. Hindari kebiasaan merokok, meminum kopi, dan mengonsumsi minuman beralkohol.
  2. Hindari konsumsi makanan berlemak dalam porsi yang terlalu besar. Hindari juga terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dan produk susu.
  3. Jangan membaca buku atau telepon genggam sepanjang perjalanan, karena dapat memicu rasa pusing dan mual.
  4. Minumlah air putih secukupnya.
    Selain kiat di atas, pemilihan sarana transportasi yang tepat juga bisa menghindarkan Anda dan keluarga dari rasa mual sepanjang perjalanan. Jika bepergian menggunakan mobil, Anda dapat mengambil kemudi atau duduk di depan agar tidak mudah mabuk. Bila Anda mudik dengan pesawat terbang, pilihlah kursi di bagian sayap pesawat.

Jika menggunakan bus atau kereta api, duduklah menghadap depan. Sedangkan jika Anda mudik dengan kapal laut, pergilah ke dek kapal sambil menghirup udara segar.

Lantas bagaimana jika sudah terlanjur mual?

Tak perlu khawatir. Anda bisa mengalihkan pikiran dengan mendengarkan musik atau mengonsumsi biskuit. Berbaring atau memakan permen jahe juga diharapkan dapat membantu mengurangi rasa mual. Membawa obat pencegah mabuk juga dapat menjadi solusi tepat. Selamat mudik, jika ingin mencari info wisata silahkan kunjungi Wisata Terkini !

Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.