Jangan Sepelekan Kelebihan Protein Pada Anak

DataDokter.com – Cukup banyak anak yang susah makan, apalagi di pilih makanan pilih-pilih. Mereka tak akan begitu tertarik mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan namun akan sangat senang apabila kamu mengkonsumsi makanan kaya protein seperti daging-dagingan. apabila anak-anak diijinkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya protein ini terus-menerus, mereka mungkin memiliki masalah kelebihan protein

Ahli kesehatan mengatakan bahwa protein memang dapat mendukung kesehatan dan perkembangan anak-anak. Namun, ada risiko kesehatan yang dapat mereka dapatkan apabila mereka memiliki kelebihan protein pada tubuh mereka. Apa saja risikonya?

Dehidrasi
Air ternyata sangat penting bagi tubuh untuk menolong proses pencernaan protein. apabila anak mengkonsumsi terlalu banyak protein, maka secara otomatis kadar air yang dibutuhkan juga akan lebih besar. Sayangnya, anak sering tak memperhatikan berapa banyak air yang diminum karena terlalu asik untuk dimainkan. Mereka juga akan lebih berisiko mengalami dehidrasi yang dapat membuat mereka pingsan tiap saat.

Masalah perut kembung
Perut kembung terjadi karena sistem pencernaan anak tak dapat memproses asupan protein berlebihan. Sayangnya, cukup banyak orang yang menganggap perut kembung tentu saja. Padahal, apabila anak bermasalah dengan perut kembung, mereka mungkin mengalami ketidaknyamanan atau bahkan cenderung lebih rewel.

Gangguan organ hati
apabila kelebihan protein ini terjadi cukup parah, dikhawatirkan fungsi hati anak dapat terganggu. Protein berlebih di tubuh ternyata berubah menjadi toksin yang akan berbahaya bagi kesehatan anak.

Melihat efek kesehatan yang dapat didapat apabila asupan protein kelebihan berat badan, sebaiknya anak terbiasa mengkonsumsi makanan dengan kadar nutrisi seimbang sejak kecil sehingga tak mengalami masalah kesehatan seperti yang dijelaskan sebelumnya

Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.