Ini Makanan yang Dihindari Saat Puasa

Umat Islam kembali menjalankan ibadah puasa, menahan hawa nafsu, haus dan lapar dari terbit matahari hingga kumandang adzan mejelang malam hari.

Supaya ibadah puasa  lancar dan sukses hingga satu bulan penuh, sangatlah penting bagi Anda untuk meperhatikan menu makanan yang dihindari saat puasa baik ketika sahur dan berbuka.

Makanan yang Dihindari Saat Puasa

Adakah makanan-makanan yang perlu dihindari agar perut tidak ‘ngambek’ saat puasa? Makanan ini di antaranya:

Gorengan

Gorengan ialah jajanan sejuta umat yang harus dikurangi, terutama selama Anda menjalankan ibadah puasa. Sebab makanan yang digoreng dengan banyak minyak dapat membuat badan melar, perut kembung, begah, serta meningkatkan kolesterol di dalam tubuh.

Manis

Berbuka dengan yang manis memang baik, namun yang manis belum tentu halal. Ini bukan berarti Anda boleh mengonsumsi makanan tersebut sesuka hati. Karena makanan manis yang dikonsumsi berlebihan berisiko tinggi menyebabkan kenaikan berat badan, dan peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh.

Asin

Makan tanpa garam memang kurang nikmat rasanya. Tetapi ini bukan berarti Anda harus terus konsumsi makanan yang berasa asin. Sebab makanan yang terlalu asin dapat menyebabkan tekanan darah melonjak.

Gas

Jika tidak ingin kembung seat puasa, hindari lauk yang dapat memproduksi banyak gas. Makanan tersebut antara lain, kol, brokoli, dan kubis.

Itu lah makanan yang dihindari saat puasa di atas, ibadah puasa Anda diharapkan bisa lancar dan tetap khusyuk hingga lebaran tiba.

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.