Efek Samping Minum Kopi Setelah Minum Obat

DataDokter.com – Bagi kebanyakan orang, minum kopi adalah tugas sehari-hari yang tak dapat diganggu bahkan saat sakit. Namun, jangan sekali-kali mencoba langsung minum kopi setelah minum obat. Ini akan dapat menjadi boomerang bagi kesehatan kamu.

Minum kopi setelah minum obat dapat memicu aritmia jantung

Efek dari tubuh yang kamu rasakan setelah minum kopi yang diperoleh dari kandungan kafein Bekerja dengan menstimulasi kerja otak dan jantung. Namun, kafein dalam kopi dapat berinteraksi dengan beberapa obat. Misalnya efedrin dan fenilpropanolamin, dua obat yang bekerja melawan gejala flu dan hidung tersumbat.

saat kamu minum kopi setelah minum obat ini, detak jantung akan meningkat secara dramatis. Ini jelas sangat buruk untuk jantung. Hal yang sama akan terjadi seperti pada pengobatan asma, teofilin atau sejenis kafein, antidepresan dan obat antipsikotik, kelompok antibiotik kuinolon, dan pil KB.

Bahaya lain untuk minum kopi setelah minum obat adalah dapat memicu keracunan Karena kafein dapat bertahan lebih lama di tubuh.

Itulah kenapa kafein tak dapat dikonsumsi setelah kamu minum obat. Minum obat-obatan lebih bagus dengan air. disarankan untuk minum obat dengan kopi, teh, jus, susu, minuman ringan, terutamanya minuman keras. Berikan jarak 2-3 jam setelah minum obat, lalu minum kopi.

Kafein dapat membatalkan khasiat obat untuk menyembuhkan penyakit

Selain itu, periode yang lebih lama (bahkan lebih kecil kemungkinannya) apabila kamu minum kopi setelah minum obat Karena kafein mengganggu penyerapan obat di perut dan usus halus. Efek ini terjadi pada beberapa ragam obat, terutamanya golongan antidepresan, esterogen, dan obat untuk gangguan tiroid dan osteoporosis.

Sebuah penelitian di tahun 2008 menunjukkan bahwa penyerapan levothyroxine, yang merupakan salah satu obat untuk gangguan tiroid, berkurang 55 Persen saat diminum dengan kopi. Begitu pula alendronate, sejenis obat osteoporosis yang penyerapannya juga turun 60 persen.

Pada wanita, kopi juga mempengaruhi keseimbangan hormon. Dalam beberapa penelitian, kadar ester dan hormon lainnya pada wanita menurun tak lama setelah minum kopi, sehingga penyerapan beberapa ragam obat dapat terganggu.

Efek samping kopi saat dikonsumsi dengan obat sering dilupakan karena orang lebih peduli dengan efek Sisi kopi itu sendiri seperti jantung berdebar dan insomnia. Padahal saat minum kopi setelah minum obat dapat memicu efek samping yang lebih beragam.

Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.