Cara Mencegah Sakit Punggung Saat Berkebun

Cara Mencegah Sakit PunggungBerkebun merupakan salah satu aktivitas yang menawarkan banyak manfaat kesehatan bagus secara fisik maupun mental. Namun, meski menawarkan banyak manfaat kesehatan kebanyakan orang sering mengeluh merasakan sakit punggung setelah melaksanakan aktivitas satu ini. Dibawah berlama-lama untuk menggali, sekop, menanam bibit, dan mengorganisir tanaman memang dapat menyebabkan otot dan saraf di sekitar tulang tegang begitu rentan terhadap nyeri punggung. Jadi, bagaimana cara efektif mencegah sakit punggung saat berkebun? Ketahui jawabannya di artikel ini.

Berbagai cara mencegah sakit punggung saat berkebun

1. Pemanasan

Apakah kamu Tahu apakah berkebun merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik sekaligus olah raga? Nah, itulah sebabnya melaksanakan pemanasan otot sebelum berkebun adalah langkah tepat untuk mencegah sakit punggung atau cedera otot. Cobalah melaksanakan gerakan peregangan sederhana untuk meningkatkan fleksibilitas otot punggung.

Kamu dapat melaksanakan pemanasan “Berdiri-Tekuk-Tahan” sebagai peregangan belakang sebelum berkebun.

    • Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu, dan lutut sedikit tertekuk.
    • Tekuk ke depan, letakkan tangan kamu di atas lutut.
    • Tahan punggung kamu ke depan sehingga dada kamu akan tertutup dan bahu kamu melengkung ke depan
    • Kemudian lakukan yang sebaliknya. Lean punggung kamu maju sehingga otot dada kamu meregang, dan putar bahu kamu kembali.
    • Ulangi beberapa kali.

2. Perhatikan gerakan tubuhmu

Memperhatikan posisi dan postur saat menyekop atau menggali tanah dapat meminimalkan risiko otot tegang dan kembali cedera. Hal yang dapat dilakukan adalah menyeimbangkan berat badan kamu di kedua kaki. Kemudian, letakkan salah satu kaki kamu di pijakan kaki yang sedikit lebih tinggi – di atas kepala skuter. Setelah itu, gunakan seluruh tubuh kamu untuk “meraup” tanah dan kemudian membuangnya – ingat, kamu tak disarankan menggunakan otot lengan saja.

Hindari maju atau miring, terlebih kalau kamu membungkuk dan membawa muatan. Pasalnya, langkah tersebut justru akan meningkatkan risiko cedera tulang belakang atau belakang. Jadi, kamu lebih bagus memutar dengan menggerakkan kaki kamu. Namun, pastikan bahu kamu selalu sejajar dengan pinggul.

3. Gunakan bangku

Tanaman penyiangan adalah salah satu kegiatan berkebun paling membosankan. Bahkan seringnya aktivitas ini paling sering membuat kram tulang belakang atau tegang. Tapi tenanglah, kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan bangku kecil untuk duduk, tapi jangan hanya duduk. Perhatikan juga posisi duduk kamu. Pastikan kamu duduk tepat di tulang duduk kamu (kamu akan tahu posisi duduknya benar atau tak saat kamu merasakannya).

Baca juga: Ternyata Masturbasi Berlebihan Bisa Memicu Kebotakan

4. Aturan membawa atau mengangkat beban

Cedera saat mengangkat atau membawa barang berat adalah penyebab utama sakit punggung, terlebih kalau kamu merasa dapat melakukannya tanpa bantuan alat atau lainnya. Itu sebabnya, pikirkan bagus-bagus sebelum kamu memutuskan untuk membawa benda berat. Jangan ragu untuk meminta bantuan seseorang atau cari alat untuk melakukannya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan bila ingin membawa atau mengangkat beban untuk mengurangi kemungkinan cedera.

  • Mengangkat beban dengan hanya menekuk dan kaki lurus dapat membahayakan punggung kamu. Nah, untuk meminimalkan kemungkinan itu bagus kamu membuka kaki selebar bahu, dengan satu kaki sedikit maju untuk menjaga keseimbangan.
  • Lalu, tekuk lutut sedikit saat akan mengangkat benda. Timbang benda dengan kedua kaki saat benda diangkat.
  • Perlahan tekuk dan sedikit tekuk lutut dan panggul. Tetap membungkuk dan kencangkan otot perut untuk menarik panggul masuk.
  • Jangan berdiri tegak sebelum diangkat karena dapat melukai bagian belakang saat mengangkat benda ke atas. Setelah itu, angkat kepala kamu saat kamu mengangkat benda di tangan. Fokuskan pandangan kamu ke depan dan bukan melihat barang yang dibawa.

Pada dasarnya hal yang paling penting dalam cara mencegah sakit punggung saat berkebun adalah dengan mengetahui kemampuan tubuh kamu sendiri. Hal ini dapat dicapai dengan memastikan kekuatan diri dan beban yang akan diusung atau digunakan. Buatlah perkiraan pribadi, apakah kamu dapat mengangkat objek itu sendiri atau semestinya meminta bantuan.

Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.