Berapa Karbohidrat Yang Aman Bagi Penderita Diabetes?

Berapa Karbohidrat yang Aman bagi Penderita Diabetes? – Banyak faktor yang dapat memengaruhi kadar gula darah Anda. Namun, salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah jenis dan jumlah makanan yang Anda makan. Makanan yang mengandung karbohidrat (terutama) mempunyai pengaruh yang besar pada kadar gula darah. Untuk itu, para penderita disarankan untuk membatasi asupan karbohidratnya. Berapa banyak karbohidrat untuk penderita diabetes yang seharusnya dikonsumsi?

Bagaimana karbohidrat memengaruhi gula darah Anda

Karbohidrat dalam tubuh akan dipecah menjadi glukosa atau gula, yang kemudian akan diubah menjadi energi utama oleh tubuh. Proses ini dibantu oleh hormon insulin. Namun, pada penderita diabetes, hormon insulin tidak bekerja dengan baik sehingga hanya sedikit glukosa yang mampu diubah menjadi energi. Alhasil, glukosa dalam darah atau gula darah menjadi meningkat.

Hal ini mengapa karbohidrat sangat berhubungan dengan diabetes. Saat penderita diabetes mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat atau tinggi gula, kadar gula darahnya bisa langsung naik. Makanan tinggi karbohidrat membuat tubuh perlu untuk menghasilkan lebih banyak insulin agar gula darah terkontrol. Namun, pada penderita diabetes, proses ini sudah terganggu. Mereka tidak mampu menghasilkan insulin dalam jumlah banyak atau insulin tidak mampu mengubah glukosa menjadi energi dengan efektif.

Berapa banyak karbohidrat untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi?

Membatasi asupan karbohidrat pada penderita diabetes terbukti dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Tapi, bukan berarti hal ini membuat penderita diabetes hanya boleh mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah sangat sedikit atau bahkan harus menghindari banyak makanan.

Mengonsumsi karbohidrat sampai batas tertentu masih bisa Anda lakukan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan karbohidrat sebesar 20-150 gram per hari atau sebesar 5-35% karbohidrat dari asupan kalori total dapat membantu penderita diabetes dalam mengontrol gula darahnya.

Sedangkan, American Diabetes Association menyarankan karbohidrat untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi adalah sekitar 45-60 gram per kali makan, atau sebesar 135-180 gram karbohidrat per hari. Diet rendah karbohidrat mungkin membantu Anda dalam mengontrol asupan karbohidrat ini.

Pada umumnya, semua makanan sumber karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah. Namun, seberapa besar makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah Anda lebih banyak dapat berbeda-beda tiap makanan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui makanan sumber karbohidrat apa saja yang masih bisa Anda makan dalam jumlah banyak dan yang harus Anda batasi.

Apa saja makanan sumber karbohidrat yang boleh dikonsumsi?

Umumnya, sebagian besar makanan yang Anda makan setiap hari mengandung karbohidrat, tapi mungkin Anda tidak menyadarinya. Terdapat dua jenis karbohidrat dalam makanan, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana sebaiknya Anda kurangi konsumsinya. Hal ini karena karbohidrat sederhana lebih mudah dipecah oleh tubuh sehingga lebih mampu membuat kadar gula darah Anda naik dengan cepat.

Sedangkan, karbohidrat kompleks justru sebaiknya Anda perbanyak asupannya. Karbohidrat kompleks mengandung serat dan relatif mengandung gula rendah. Sehingga, karbohidrat jenis ini lebih mampu membantu Anda dalam mengontrol gula darah. Dengan begitu, Anda bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat Anda dari karbohidrat jenis ini.

Beberapa makanan sumber karbohidrat sederhana yang harus Anda batasi atau hindari adalah:

  • Makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi
  • Kue, kukis, roti tawar, donat, muffin, pretzel, kue kering
  • Makanan yang terbuat dari tepung terigu
  • Buah-buahan kaleng
  • Minuman manis, seperti minuman teh dalam kemasan, minuman bersoda
  • Es krim, permen, dan cokelat

Sedangkan, contoh makanan sumber karbohidrat kompleks yang bisa Anda konsumsi adalah:

  • Sayuran
  • Buah-buahan
  • Biji-bijian utuh, seperti nasi merah, oatmeal, roti gandum
  • Kacang-kacangan
Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.