Aturan Mencuci Rambut Jika Pakai Hair Extension

Hair extension atau rambut sambung ialah pilihan tepat bagi Anda yang ingin mempunyai rambut tebal dan panjang. Sama halnya dengan rambut alami, hair extension juga butuh perawatan agar selalu terlihat sehat dan rapi, loh! Bagaimana caranya? Ketahui jawabannya dalam artikel ini.

Tips merawat hair extension agar tak rusak

Dahulu tren rambut sambung hanya bisa dilakukan di salon dengan cara menyambungkan rambut asli Anda dengan rambut imitasi. Namun, seiring berkembangnya teknologi, kini Anda bisa memperpanjang rambut dengan hair extension clip yang bisa dengan mudahnya dipasang dan lepas sesuka hati.

Rambut extension memang akan membuat rambut Anda tampak lebih cantik dan bervolume. Tapi, jangan lupa kalau Anda juga harus memperhatikan perawatannya. Hal ini dikarenakan rambut extension memerlukan perawatan yang lebih ekstra. Jika salah perawatan, rambut Anda malah berisiko rusak dan rontok. Berikut ini beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan jika Anda menggunakan rambut sambung:

Yang harus dilakukan:

  • Sebelum tidur disarankan mengepang kendur atau mengikat kendur rambut agar rambut extension tidak kusut. Jika Anda termasuk tidak banyak bergerak saat tidur, cukup disisir rapi saja.
  • Menyisir dari arah bawah baru ke atas untuk menghindari rambut kusut. Sisir bagian atas dengan sikat sasak hingga 2 cm sebelum sambungan, lalu sisir bagian sambungan dengan sisir biasa.
  • Untuk hair clip, saat tidak dipakai, simpan secara rapi dengan cara digulung menggunakan kertas, atau disimpan dalam kantong plastik per helai.

Yang tidak boleh dilakukan:

  • Lupa mencopot hair clip saat tidur atau keramas, karena akan membuatnya cepat kusut dan rusak.
  • Menggunakan extension bekas pakai. Extension diciptakan untuk digunakan sekali pakai. Jika digunakan kembali, kondisinya dipastikan tidak layak dan mudah kusut.
  • Mencatok bagian sambungan yang terdapat lem atau ringnya.

Cara keramas jika pakai hair extension

Selain yang sudah dijabarkan di atas, salah satu perawatan lainnya yang harus Anda perhatikan jika pakai hair extension adalah cara keramas. Pasalnya, jika Anda pakai hair extension, Anda tidak boleh keramas sembarangan. Tidak hanya itu, bahkan Anda pun tidak disarankan keramas setiap hari. Idealnya, Anda disarankan keramas secara teratur 3 kali seminggu dengan menggunakan sampo berbahan ringan.

Berikut ini cara keramas yang benar dan aman jika Anda pakai hair extension:

  • Untuk cara keramas, Anda harus berhati-hati. Pertama-tama hal yang perlu diperhatikan adalah jangan menggunakan air panas saat keramas, karena bisa merusak lem dari rambut sambungan Anda.
  • Saat keramas, kepala harus tegak atau mendongak, dan gerakan jari hanya boleh secara vertikal atau horizontal dan tidak terlalu renggang. Cara mengucek rambut saat keramas pun jangan terlalu keras.
  • Tidak hanya itu, hindari keramas dengan membalikkan kepala atau melakukan gerakan memutar. Pasalnya hal ini akan membuat rambut Anda menjadi kusut.
  • Saat menggunakan kondisioner, oleskan  pada ujung rambut saja. Hindari mengoleskan pada bagian atas atau sambungan hair extension karena bisa membuat lem tidak tahan lama.
  • Nah, saat bagian mengeringkan rambut, hindari penggunaan hair dryer. Jadi, biarkan saja rambut kering secara alami. Penggunaan hair dryer bisa membuat lem jadi tak kuat dan hair extension mudah lepas.

Selain cara keramas yang benar, Anda juga disarankan untuk selalu mengecek rambut sebulan sekali ke salon atau ke klinik kecantikan di tempat Anda memasang hair extension. Hal ini bertujuan untuk merapikan rambut  Anda agar tak kusut. Selain itu, jika ada rambut-rambut sambung yang mulai lepas, juga bisa dilem kembali.

Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.