Anak Terserang Pneumonia Karena Orang Tua Merokok

Rokok saat ini merupakan momong yang sudah menjadi bagian dalam hidup sebagian orang. Faktanya, biang keladi segala jenis penyakit berbahaya ini juga dapat menyerang seorang anak dan menyebabkan penyakit pneumonia, lho!

Pneumonia adalah penyakit infeksi paru, dengan gejala berupa panas, batuk dan sesak napas. Anak-anak adalah target utama dari penyakit ini.

Sebenarnya, pneumonia merupakan penyakit yang dilatarbelakangi oleh infeksi virus atau bakteri. Namun belakangan, rokok diketahui dapat meningkatkan risiko seorang anak terkena penyakit ini.

Gara-gara rokok

Wanita hamil yang merokok akan membuat janinnya terpapar dengan komponen rokok. Nikotin dari rokok mengurangi peredaran darah dan kadar oksigen. Alhasil, pertumbuhan janin –termasuk paru-paru, menjadi terhambat dan terganggu.

Parahnya, rokok juga memberikan dampak bagi mereka yang tidak merokok (perokok pasif). Seorang wanita hamil yang sering terpapar asap rokok berisiko memiliki janin yang mengalami perubahan pada struktur paru-parunya.

Hal di atas juga berlaku pada bayi dan anak-anak. Ini terkait dengan sistem kekebalan tubuh bayi atau anak belum terbentuk sempurna, sehingga paparan zat kimia dari rokok memberikan dampak yang sangat bahaya.

Tak hanya pneumonia

Rokok dapat memengaruhi sel-sel kekebalan tubuh Anak, seperti sel T, sel sitkokin dan igE. Sel-sel tersebut memiliki peran penting dalam perkembangan alergi pada anak.

Ini berarti rokok dapat menyebabkan anak menjadi alergi dan berisiko untuk terkena penyakit asma. Jadi, pneumonia bukanlah satu-satunya masalah kesehatan yang mengintai anak dengan orang tua perokok.

Anda terkejut dengan fakta dalam tulisan ini? Kalau begitu, tinggalkan kebiasaan buruk tersebut mulai saat ini. Jangan sampai anak Anda terkena pneumonia atau penyakit berbahaya lainnya, hanya karena hobi merokok yang Anda miliki.

Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.