Alasan Biskuit Yang Dicelup Pada Teh Terasa Lebih Enak

DataDokter.com – Berbagai macam biskuit dan kue kering lainnya akan sangat lezat untuk dikonsumsi saat kita minum kopi atau teh. Padahal, terkadang kita mencelupkan biskuit atau kue ke minuman karena menurutnya akan lebih nikmat. Apa penyebab dari meningkatnya selera ini?

Chef bernama Heston Bluemthal juga menemukan apa yang menyebabkan sensasi rasa meningkat dari biskuit yang dicelupkan ke dalam teh atau kopi dengan para periset dari Universitas Nottingham, Inggris. Mereka juga berhasil mengembangkan alat yang disebut MS-Nose yang dapat mengukur jumlah perisa dan aroma di mulut saat kita makan atau minum sesuatu.

Heston memasukkan perangkat itu ke hidungnya dan mencoba mengunyah biskuit gandum utuh dengan cokelat. Alat MS-Nose mampu mengirimkan berbagai data perisa pada layar komputer. Dari data ini diketahui bahwa roti atau pastri mengandung kandungan methylbutanol, sejenis zat yang dapat meningkatkan rasa. Yang menarik adalah data perisa yang muncul pada grafik di layar komputer saat mengkonsumsi biskuit yang dicelupkan ke dalam air teh terlebih dahulu lebih tinggi bila dibandingkan dengan biskuit yang masih kering.

Salah satu peneliti, Avinash Kant, menyebutkan bahwa ada perbedaan mendasar antara perisa, rasa, dan aroma. Rasa yang dapat kita deteksi di lidah sebagai sesuatu yang kita anggap asin, manis, asam, dan pahit. Sementara, aromanya akan terasa pada bagian antara mata dan dibalik dasar hidung. Kombinasi rasa dan aroma adalah yang tersisa.

Ada campuran rasa dan aroma yang berbeda antara saat kita makan biskuit secara langsung dengan saat kita makan biskuit yang dicelupkan ke dalam air teh terlebih dahulu yang dapat membuat kita merasakan sensasi rasa yang berbeda. Biskuit basah dan sedikit panas akan memperkuat aroma sehingga akan mencapai hidung lebih cepat sehingga membuatnya terasa lebih bagus.

Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.