7 Refleks Yang Seharusnya Dimiliki Bayi Baru Lahir

7 Refleks Yang Seharusnya Dimiliki Bayi Baru Lahir – Refleks merupakan gerakan tak disengaja alias tanpa bantuan. Refleks bayi biasanya gerakan spontan dan terjadi pada aktivitas bayi tiap hari. Selain itu, ada juga refleks yang memang respon stimulus yang diberikan.

Refleks nayi yang bagus menunjukkan aktivitas saraf dan otak normal pada bayi. Beberapa refleks hanya ditemukan dalam waktu tertentu dalam perkembangan bayi. Refleks akhirnya akan hilang dengan sendirinya dikala bayi mencapai umur tertentu.

Apa refleks bayi yang baru lahir?

Refleks yang terjadi pada bayi baru lahir disebut refleks primitif. Apa reflek yang terjadi pada bayi baru lahir? Mari bicara satu per satu.

1. Rooting refleks

Refleks ini terjadi dikala kamu menyentuh ujung mulut bayi kamu. Bayi akan mengikuti arah sentuhan dikala membuka mulutnya. Ini menolong bayi dikala ingin menyusui. Refleks ini timbul sejak lahir dan berlangsung hingga umur 3-4 bulan.

2. Refleks mengisap

Ketika puncak atau langit-langit mulut bayi tersentuh, bayi akan mulai mengisap. Reflek mengisap mulai muncul pada umur kehamilan 32 minggu dan menjadi sempurna pada umur kehamilan 36 minggu. Karena itu, bayi prematur biasanya tak bisa mengisap dengan benar.

3. Refleks Moro

Refleks Moro biasanya muncul dikala bayi terkejut. Bila bayi kamu terkejut misalnya karena bising bising atau gerakan mendadak, bayi akan melepaskan refleks ini. Bayi akan membuat gerakan dengan memanjang lengannya dan menekuk kakinya. Refleks ini timbul sejak lahir dan berlangsung hingga umur 4 bulan.

4. Refleks leher tonik asimetris

Ketika kepala bayi terlihat ke satu sisi, lengan panjang akan dipiringkan di sisi yang sama. Sebaliknya, lengan di sisi yang berlawanan akan ditekuk. Refleks ini timbul sejak lahir dan berlangsung hingga umur 2 bulan.

5. Refleks gantung

Refleks yang mencengkeram pada bayi muncul dikala kamu menyentuh telapak tangannya. Bayi akan menutup jari-jarinya seperti gerakan mencengkeram. Refleks ini timbul sejak lahir dan berlangsung hingga umur 3-4 bulan.

6. Babinski Reflex

refleksi Babinski muncul dikala kamu menggaruk kaki bayi kamu. Ibu jari ibu jari akan menunjuk ke atas dan jari-jari kaki lainnya akan terbuka. Refleks ini bertahan hingga umur 2 tahun.

7. Refleks melangkah

Refleks ini juga dikenal sebagai refleks berjalan / tari karena bayi terlihat seperti melangkah atau menari seperti diposisikan Dalam posisi tegak dengan kaki menyentuh tanah. Refleks ini muncul sejak lahir dan terlihat paling jelas setelah umur 4 hari.

Apa yang terjadi sekamuinya bayi tak bisa melaksanakan refleks?

sekiranya reflek bayi tak terjadi, hal itu bisa dikarenakan oleh Trauma dikala melahirkan, obat terlarang, atau penyakit. sekiranya kamu tak melihat adanya refleks pada bayi kamu, bawa bayi kamu ke dokter buah hati untuk diperiksa lebih lanjut.

Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.