6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak Pada Usia Dini

6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak Pada Usia Dini – Kesehatan mata merupakan sesuatu yang perlu di jaga berapapun usia Anda. Apalagi jika masih anak-anak, karena pada usia dini anak dalam masa belajar dan beradaptasi kepada dunia sekitar tentunya ini akan mengganggu aktivitas anak kedepannya.

Kurang optimalnya situasi mata kerap menghambat buah hati dalam berkegiatan, terutamanya dalam hal akademik, sosial, bahkan hobi mereka. Di masa kanak-kanak otak belajar perihal bagaimana menggunakan mata untuk memperhatikan, seperti yang dipelajari perihal bagaimana menggunakan kaki untuk berjalan atau tangan untuk menulis dan sebagainya.

Visi memainkan peran penting dalam perkembangan jasmani, kognitif, dan perkembangan sosial buah hati. Maka dari itu, pemeriksaan mata untuk buah hati betul-betul penting dilaksanakan untuk mendiagnosis gangguan mata sejak dini. Sebab, semakin banyak permasalahan kesehatan mata yang tak didiagnosis sejak dini, maka semakin banyak otak buah hati Anda belajar mengakomodasi permasalahan penglihatan yang dialami olehnya. Jadi, betul-betul penting untuk orang tua dalam menjaga kesehatan mata buah hati.

Tips untuk menjaga kesehatan mata anak

1. Periksa mata anak secara teratur

Periksa buah hati Anda Ke dokter mata setidaknya tiap dua tahun sekali. Ini dilakukan karena untuk memastikan bahwa mata buah hati Anda sehat, atau untuk mendeteksi situasi sulit di mata bayi sebelumnya, seperti hiperopia, miopi (mata minus), atau ambliopia. Kian cepat masalahnya terdeteksi, semakin maksimal hasil pengobatan yang dijalankan.

2. Berikan nutrisi anak Anda untuk kesehatan mata

Biasakan anak Anda untuk makan sayuran dan buah-buahan, seperti Wortel, tomat, stroberi, dan lain-lain. Ini untuk memastikan anak Anda mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk mata, seperti antioksidan, vitamin C, vitamin E, seng, asam lemak omega-3, dan lutein. Makanan seperti salmon, udang, tuna, dan ikan lele juga bagus untuk menjaga kesehatan mata anak Anda.

3. Kenakan topi atau kacamata hitam saat anak bermain di luar

Lindungi mata anak Anda dari sinar UV yang dapat merusak penglihatan, terutama jika mata anak Anda berada. terang. Anda bisa melindungi mata anak Anda dengan memakai kacamata hitam atau topi saat bepergian di siang hari yang panas.

4. Dorong anak bermain di luar rumah

Hal ini dilakukan untuk mencegah rabun dekat atau rabun jauh karena anak Anda bermain terlalu sering di dalam ruangan. Tapi Anda harus ingat untuk menjaga agar mata anak Anda terlindungi dari sinar UV.

5. Merangsang indra penglihatan

Seiring dengan perkembangan masa kanak-kanak bayi dari masa kanak-kanak hingga sekitar usia 8 tahun, penting bagi Anda untuk membantu merangsang pengembangan visual. , Di antaranya dengan mainan berbagai warna, wajah, teka-teki, balok susun, dan lainnya.

6. Berikan contoh yang bagus

Orang tua sering melarang anak menonton TV terlalu dekat, menggunakan gadget terlalu sering. Orangtua juga harus selalu menganjurkan anak untuk makan sayur atau buah, dan memakai kacamata untuk melindungi mata dari sinar UV. Namun, semua saran dan batasan ini akan memudahkan anak melakukan hal tersebut jika sebagai orang tua, Anda juga memberikan contoh nyata kepada mereka. Anak adalah masa di mana mereka memiliki kemampuan terbaik untuk meniru perilaku orang di sekitar mereka.

Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.