Ini 6 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh

Ini 6 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh – Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan, bahkan bersepeda juga dapat membuat tubuh kita sehat dan bugar setelah melakukan bersepeda.

Banyak pengguna sepeda yang melakukan kegiatan ini di bermacam medan, misalnya di medan perbukitan, medan yang terjal sekalipun atau hanya sekadar mengelilingi pedesaan dan perkotaan saja.

Orang yang menggunakan sepeda untuk moda transportasi rutin juga bisa disebut komuter. Penggunaan sepeda sebagai moda transportasi rutin tak hanya dilakukan oleh pekerja yang bekerja di sektor non-formal, tetapi dapat juga dilakukan oleh pekerja yang bekerja di sektor formal. Bahkan untuk anak sekolahpun sering sekali menggunakan sepeda. Dan berikut ini adalah manfaat bersepeda bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Mengontrol berat badan

Bersepeda adalah cara yang baik untuk mengendalikan atau menurunkan berat badan, karena bersepeda dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda, membangun otot, dan membakar lemak tubuh. Bersepeda membantu Anda memastikan bahwa pengeluaran energi Anda lebih besar daripada asupan energi, saat Anda membakar kalori saat berkuda.

Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, Anda perlu menggabungkan aktivitas bersepeda dengan diet sehat. Berapa banyak kalori yang Anda bakar saat bersepeda akan tergantung pada berapa lama, seberapa jauh, dan seberapa cepat Anda naik. Tapi sebuah penelitian menemukan bahwa bersepeda setengah jam setiap hari akan membakar hampir lima kilogram lemak lebih dari setahun.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Bersepeda secara teratur dapat merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, peredaran darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bersepeda akan memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak darah. Hal ini dibuktikan dalam studi di Denmark yang menunjukkan bahwa orang yang bersepeda secara teratur akan terjaga dari penyakit jantung di hari tua.

3. Kurangi risiko kanker

Jika Anda menjaga diet sehat dan bersepeda secara teratur, maka ini akan membantu Anda dalam mengurangi risiko kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, berisiko lebih rendah terkena kanker paru-paru dan kanker kolorektal. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus besar dan kanker payudara

4. Mengurangi risiko diabetes

Kurangnya aktivitas fisik adalah salah satu penyebab diabetes. Bersepeda adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Sebuah studi di Finlandia menunjukkan bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko diabetes yang lebih rendah.

5. Meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi otot

Bersepeda dapat mencegah Anda mengalami patah tulang. Meskipun bersepeda tidak secara khusus membantu osteoporosis, bersepeda merupakan olahraga ideal untuk osteoporosis, karena bersepeda adalah latihan ringan yang hanya akan memberi sedikit tekanan pada persendian.

Sebuah studi juga menemukan bahwa setelah bersepeda, pasien Lansia dengan nyeri lutut dan osteoartritis meningkat secara progresif

6. Mengurangi stres

Melakukan aktivitas fisik, termasuk bersepeda, akan membuat tubuh Anda menghasilkan hormon dopamin Itu bisa meningkatkan rasa nyaman Anda sehingga bisa mengurangi stres, atau bahkan depresi yang Anda alami.

Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.