4 Manfaat Susu Kambing Yang Tak Kalah dari Susu Sapi

DataDokter.com – Selama ini mungkin produk susu selalu identik dengan sapi. Padahal, susu kambing memberikan manfaat yang tak kalah sehat, loh. Faktanya, beberapa peneliti menilai kandungan nutrisi susu kambing lebih bagus daripada susu sapi. Karena kandungan nutrisi dan nutrisi susu kambing sangat mirip dengan ASI, sehingga lebih mudah dicerna di tubuh manusia seperti halnya ASI. Penasaran apa manfaat susu kambing lainnya? Baca lebih lanjut untuk mengetahui jawabannya

Manfaat susu kambing untuk kesehatan

Selain mengandung kalsium, susu kambing ternyata juga kaya akan antioksidan dan asam lemak yang bagus. Yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Berikut adalah berbagai manfaat susu kambing untuk kesehatan yang semestinya kamu ketahui.

1. Badan yang mudah diserap dan dicerna

Dibandingkan dengan susu sapi, lemak yang terkandung dalam susu kambing lebih rendah. Selain itu, rumpun protein kambing kambing yang terbentuk oleh aktivitas asam lambung juga lebih lembut sehingga akan lebih mudah dicerna.

Tak hanya rendah lemak ternyata susu kambing juga mengandung kadar laktosa atau gula rendah. Itulah sebabnya, bagi kamu yang mungkin mengalami intoleransi laktosa atau kesulitan mencerna susu sapi, mengkonsumsi susu kambing dapat menjadi solusi yang tepat.

2. Tinggi kalsium dan asam lemak esensial, namun rendah kolesterol

Beberapa orang berasumsi seandainya susu sapi adalah salah satu makanan yang tinggi. Dalam kalsium. Padahal, susu kambing yang juga kaya kalsium dan fosfor ini bagus untuk pembentukan tulang. Selain itu, kandungan asam lemak esensial yang tinggi seperti linoleat dan arakidonat dapat menurunkan kadar kolesterol total dan mempertahankan kadar trigliserida dalam tubuh. Pasalnya, kandungan asam lemak merupakan sumber energi yang cepat dibakar dan tak tersimpan dalam tubuh sebagai lemak. Makanya susu kambing dapat menjadi salah satu minuman sehat untuk mencegah penyakit jantung.

3. bagus untuk perawatan kulit

Kandungan asam lemak dan trigliserida yang ditemukan pada susu kambing tak hanya menjaga kesehatan bagian dalam tubuh. , Tapi juga dapat memiliki efek bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Susu kambing juga memiliki kadar vitamin A yang tinggi, yang dapat menolong melawan jerawat dan memperbaiki kesehatan kulit secara keseluruhan.

Selain itu, kandungan asam laktat yang ditemukan dalam susu kambing juga menolong membersihkan sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit kamu. Maka tak heran bila produk susu kambing juga tersedia dalam produk perawatan kulit seperti sabun susu kambing dan masker susu kambing.

4. Risiko alergi lebih rendah

Apakah kamu alergi terhadap susu sapi? Cobalah minum susu kambing. Susu kambing memiliki risiko alergi yang sedikit lebih rendah daripada susu sapi. Ini karena susu kambing mengandung lebih sedikit senyawa protein yang menyebabkan alergi, ialah kasein alfa 1.

Kebanyakan orang yang alergi terhadap susu sapi sebenarnya sensitif terhadap senyawa tersebut. Pasalnya, protein ini sangat berbahaya bagi sebagian orang, karena dapat menyebabkan radang. Sebenarnya, alergi ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar, penyakit crohn, kolon, dan kolik di perut. Tak hanya itu, beberapa masalah lain juga akan timbul akibat alergi protein seperti jerawat, penyakit autoimun dan masalah kulit seperti eksim.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum minum susu kambing

Sama dengan susu sapi, sebaiknya kamu jangan memberikan susu kambing untuk bayi di bawah umur satu tahun. Ini karena sistem pencernaan bayi masih terlalu sensitif dan sempurna untuk mengolah susu selain ASI. Jadi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kamu seandainya kamu ingin memberikan ASI selain ASI pada anak-anak.

Selain itu, kalau kamu ingin melupakannya, kamu juga masih semestinya memperhatikan sterilisasi susu kambing yang kamu konsumsi. Sebaiknya pilih susu kambing pra-pasteurisasi atau dipanaskan untuk memastikan keamanannya.

Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.