4 Manfaat Bagi Kesehatan Saat Pelihara Anjing

Banyak orang yang menghindari memiliki binatang peliharaan seperti anjing atau kucing karena takut terkena berbagai penyakit yang bisa saja ditularkan oleh hewan-hewan tersebut. Namun, tahukah Anda, memelihara binatang peliharaan ternyata tidak seburuk yang Anda kira? Selain bisa menjadi penghibur saat Anda sedang mengalami stres, memelihara hewan peliharaan seperti anjing ternyata bisa membuat Anda menjadi lebih sehat.

Penelitian tentang manfaat kesehatan dari pelihara anjing

Sebuah penelitian telah dilakukan dengan mempelajari mereka yang sudah berusia lebih dari 60 tahun namun memelihara anjing. Hasilnya adalah, para pemilik anjing ini akan cenderung memiliki berat badan yang lebih ideal tanpa adanya masalah obesitas dan lebih jarang berkunjung ke dokter karena sakit.

Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Ahli kesehatan menyebutkan adanya anjing ternyata bisa membuat psikologis pemiliknya mengalami perubahan di mana banyak pemelihara anjing yang tanpa sadar menjadi lebih sering bergerak secara fisik. Dengan pelihara anjing, pemeliharanya pun akan cukup sering berjalan-jalan dan cenderung lebih baik dalam melakukan hubungan sosial dengan masyarakat, apalagi dengan para pemilik anjing lainnya.

Dengan memelihara anjing, motivasi untuk keluar rumah dan setidaknya jalan-jalan santai pun menjadi lebih sering terjadi. Bahkan, dari penelitian yang dilakukan oleh Center for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat pada tahun 2014 menunjukkan fakta bahwa mereka yang memiliki anjing akan cenderung melakukan aktifitas fisik sekitar 150 menit dalam setiap pekannya.

Bagi para lansia berusia 60 tahun keatas, memelihara anjing ternyata juga bisa membuat hormon stress kortisol menjadi lebih menurun, begitu juga dengan kadar kolesterol dan juga tekanan darah. Ahli kesehatan menyebutkan jika hal ini terjadi karena anjing bisa mengatasi kesepian atau depresi yang banyak dirasakan oleh para lansia. Dengan adanya fakta-fakta ini, Anda tentu tidak akan ragu lagi memelihara hewan peliharaan, bukan?

Manfaat kesehatan memelihara anjing

Anjing dari dulu sudah menjadi hewan primadona yang dipilih untuk dipelihara di rumah. Selain bisa meramaikan suasana rumah, anjing terkadang bisa dijadikan ‘tameng’ untuk menakut-nakuti orang asing masuk rumah. Di luar kedua hal tersebut pelihara anjing berdampak positif pada kesehatan si pemilik. Paling tidak ada empat manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dari pelihara anjing.

1. Lebih semangat berolahraga

Setiap pagi atau sore, anjing akan diajak keluar rumah untuk diajak berlari-lari atau berjalan. Tentu saja hal ini membuat para pemilik anjing lebih banyak melakukan aktivitas fisik dibandingkan yang tidak memiliki anjing. Menurut National Institute of Health and Welfare, pemilik anjing paling tidak berolahraga lebih banyak 30 menit dibandingkan orang lain.

2. Kesehatan secara keseluruhan lebih baik

Setelah satu bulan memelihara anjing, pemilik anjing menunjukkan perbaikan kesehatan serta lebih terlibat perilaku sehat menurut studi dalam Journal of Personality and Social Psychology.

3. Meningkatkan kesehatan mental

Selain untuk tubuh, memelihara anjing bermanfaat pada sisi psikologis pemilik anjing. Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2011, pemilik hewan peliharaan lebih bahagia, sehat dan merasa lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

4. Mengurangi risiko alergi

Bulu anjing sering kali jadi alasan orang enggan memelihara hewan yang satu ini. Namun menurut penelitian dalam Journal of Pediatrics menemukan fakta bahwa anak-anak yang dibesarkan bersama anjing di rumah cenderung berkurang risiko untuk terkena eksim.

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.