3 Buah Ini Wajib Dikonsumsi Penderita Demam Berdarah

DataDokter.com – Salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh orang Indonesia ialah demam berdarah. Bagaimana tidak, tiap tahun masih banyak liputan kasus kejadian luar biasa ini di berbagai daerah akibat penyakit nyamuk aedes aegypti ini.

Penderita demam berdarah akan mengalami gejala demam cukup lama dan dapat lebih dari seminggu, timbulnya infeksi pada persendian dan otot, hingga penurunan jumlah trombosit dalam darah cukup signifikan. Untuk mengatasi berbagai gejala tersebut, ahli kesehatan menyarankan pasien demam berdarah untuk mengkonsumsi 3 buah ini yang dapat meningkatkan jumlah trombosit.

Delima
Buah delima kaya akan nutrisi yang dikenal sebagai flavonoid polifenolik. Kandungan ini mampu melawan berbagai mikroba yang menyebabkan penyakit di tubuh kamu. Selain itu, kandungan antioksidan dan vitamin C yang ada di dalamnya juga mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh sekaligus meningkatkan jumlah platelet. Mengkonsumsi dalam bentuk jus sebanyak 300 ml dalam sehari dianggap cukup untuk menolong proses penyembuhan demam berdarah.

Buah Kiwi
Buah ini kaya kandungan seperti vitamin C, vitamin E, vitamin K, asam folat, dan potassium. Kandungan potassium tinggi ini bisa dikatakan mampu menjaga keseimbangan kadar elektrolit dalam tubuh dan pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan jumlah trombosit di dalam darah.

Buah pepaya
Pepaya manis kaya akan vitamin, asam folat, papain, serat, potassium, dan chymopapain. Dengan mengkonsumsi jus pepaya secara teratur tiap hari, penderita demam berdarah dapat sembuh dengan baik.

Meski dapat menolong proses penyembuhan demam berdarah, penderita penyakit ini sebaiknya masih mengkonsumsi obat yang direkomendasikan oleh dokter agar dapat sembuh dengan bagus. Ingat, penyakit ini sangat berbahaya dan dapat jadi mengancam nyawa sehingga kita pasti tak dapat mengabaikannya seperti itu

Tags

Satrio Elang

Pemuda biasa yang masih duduk di bangku kuliah dan ingin berbagi kepada sesama.